Kisah Socah

Kisah Socah

Socah, artinya adalah mata. Ini adalah bahasa Madura yang cukup halus dalan kasta. Kenapa di pakai dengan kata-kata yang halus? Ini ada kaitannya dengan asal usul desa ini.
Desa socah adalah sebuah desa kecil yang terletak 15 menit dari kota Bangkalan dan pelabuhan Kamal. Disini tempat yang enak untuk dikungi, kenapa? Karena disini dekat dengan laut, sehingga pemandangan disini sangatlah bagus. Ditambah lagi banyak tempat makanan yang enak yang tersedia disini.
Saya akuin sih tempat disini enak banget, damai rasanya klo ada di Socah disini juga ada banker. Dari ceritanya sesepuh disini, bunker ini dulunya digunakn untuk pembuangan mayat pemberontakan G30SPKI.
Di sini juga terdapat mercusuar peninggalan belanda, yang di jadikan tempat rekreasi.
Asal muasal nama desa Socah ini menurut sesepuhnya adalah karena dulu sepulangnya pangeran Jokotole dari peperangan dengan membawa kemenangan, selain itu Pangeran Jokotole pulang seorang istri, namun istrinya itu tidak sesempurna Pangeran Jokotole, karena istrinya itu buta, tapi beliau sayang dan cinta pada istrinya. namun menurut sejarahnya istrinya itu akhirnya bisa melihat lagi setelah Pangeran Jokotole menancapkan sebuah tongkat di sebuah desa, sampai pada akhirnya setelah tongkatnya di tancapkannya itu keluar mata air, dan beliau menyuruh istrinya cuci muka di mata air tersebut, dan pada akhirnya istrinya bisa melihat. Dari itulah asal muasal desa socah yang artinya mata dalam bahasa maduranya. Ya............ beginilah desa sejarah berdirinya desa Socah, maklum......... pengetahuan penulis sangat terbatas, penulis Cuma menyampaikan apa yang sudah penulis ketahui.........Amiennnnnnnnnnnn

0 komentar:

Posting Komentar

 
FITRI UTAMI Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template and web hosting