Business-IT Alignment: Teknologi Informasi untuk Optimalisasi Bisnis
[Petra Business Forum, Crystal Room Grand City Mall Surabaya, 10 Agustus 2012]
Saat ini pemanfaatan IT untuk kepentingan bisnis sudah bukan hal yang
asing lagi. Sudah tidak banyak perusahaan yang menggunakan cara kerja
konvensional untuk proses bisnisnya. Dengan menggunakan IT, pekerjaan
menjadi lebih cepat dan memudahkan pengambilan keputusan. Namun
seringkali pemanfaatan IT di dalam bisnis masih sebatas Technical
Support, dimana perusahaan hanya membutuhkan sebagai pelengkap saja
misalkan untuk mempermudah laporan ke kantor pusat, membuat nota
pembayaran, menghasilkan laporan yang cantik, atau lainnya. IT masih
belum dipandang sebagai satu unsur yang dapat menjadi bagian proses
bisnis: menghasilkan keuntungan, menciptakan peluang, meningkatkan
produktivitas, membuat kanal-kanal baru dalam bisnis, dan lain
sebagainya.
Untuk itu
diperlukan, seseorang yang dapat mendukung pemimpin perusahaan yang
menguasai IT namun dapat melihat dari sisi kacamata bisnis. Jika
diperlukan, CIO (Chief Information Officer) hadir dalam mendorong
terciptanya Business-IT Alignment dalam perusahaan. Di dunia saat ini,
juga di Indonesia, peran CIO dalam perusahaan telah menunjukkan adanya
peningkatan. Melalui ide-idenya, kanal-kanal baru dalam dunia bisnis
dapat bertambah misalnya E-Banking tidak hanya sekedar untuk melakukan
transfer dan pelunasan tagihan saja, namun juga dapat berkolaborasi
dengan perusahaan jasa untuk menambahkan otomatisasi dalam pembayaran,
pembelian produk, dan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi
pembayaran di toko-toko online. Contoh yang lain, sebut nama AirAsia,
berhasil memanfaatkan media sosial untuk membuat konsumen dengan
sukarela menerima dan membaca iklan promo dari mereka. Dengan internet,
AirAsia mampu memaksa konsumen untuk membayar jauh lebih awal untuk
sebuah penerbangan, meningkatkan value sebuah kursi di dalam pesawat
dengan kisaran harga 18.000 sampai dengan 50.000, dan makanan yang
semula merupakan biaya menjadi pendapatan pasti sebelum penerbangan
dilakukan.
Masih banyak contoh yang lain, bukan
hanya pemanfaatan internet, namun juga RFID, sms, dan lain sebagainya.
Cara pandang IT dalam mendorong optimalisasi bisnis merupakan hal yang
wajib dalam proses Business-IT alignment. Namun fokus teknologi bukanlah
hal yang terpenting, melainkan lebih pada manfaat yang didapatkan dari
teknologi tersebut. Namun dari sisi organisasi, juga harus ada
konsistensi dalam mengintegrasikan IT dalam proses bisnis. Jangan sampai
ketika belum sampai ke sasaran, organisasi sudah menghentikan
langkahnya.
Presentasi di acara Petra Business
Forum 10 Agustus yang lalu di Crystal Room Grand City Mall Surabaya,
dapat diakses melalui tautan [Presentasi].
0 komentar:
Posting Komentar